Ini Dia Macam-Macam Jenis dan Bentuk Atap Rumah

Advertisement
Ini Dia Macam-Macam Jenis dan Bentuk Atap Rumah - Memang hal yang wajar bila setiap rumah dilengkapi dengan atap. Atap rumah adalah bagian dari bangunan rumah yang befungsi untuk melindungi atau sebagai penutup bangunan dari panasnya terik matahari dan hujan, sehingga akan dapat memberikan kenyamanan bagi penghuni rumahnya. Atap rumah merupakan bagian yang sangat penting pada konstruksi bangunan rumah dikarenakan letaknya yang berada di atas untuk menutupi seluruh bagian konstruksi bangunan rumah.
Ini Dia Macam-Macam Jenis dan Bentuk Atap Rumah
Bentuk Atap Rumah
Umumnya untuk konstruksi atau struktur bangunan atap terdiri dari tiga bagian utama yaitu struktur penutup atap, struktur rangka kuda-kuda dan gording. Untuk penutup atap tersebut akan didukung oleh struktur rangka atap yang terdiri dari kuda-kuda, gording usuk serta reng. Dan selanjutnya beban-beban atap akan diteruskan ke dalam pondasi melalui kolom atau balok.

Dalam pembuatan struktur atap biasanya juga disesuaikan dengan denah rumah atau bentuk keseluruhan bangunan (desain atap rumah). Jika rumah tersebut menggunakan 2 lantai, maka struktur atap tersebut nantinya akan dibuat mengikuti denah atau layout rumah pada lantai 2.

Ada beberapa bentuk desain atap rumah yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dalam membangun sebuah atap rumah. Berikut ini adalah jenis dan bentuk atap rumah yang perlu Anda ketahui.

1. Bentuk Atap Pelana
Atap Pelana ini adalah bentuk atap rumah yang dianggap paling aman. Pemeliharaan atap ini pun cukup mudah apalagi dalam hal mendeteksi kebocoran. Bentuk atap ini terdiri atas dua bidang miring yang ujung atasnya bertemu di satu garis lurus yang biasanya disebut dengan bubungan. Untuk sudut kemiringan atap pelana ini berkisar antara 30 sampai 45 derajat.

2. Bentuk Atap Perisai (Limasan)
Atap perisai ini adalah bentuk atap penyempurnaan dari atap pelana. Atap perisai ini mempunyai 2 bidang miring yang berbentuk trapesium. Pada dua bidang atap ini umumnya berbentuk segitiga dengan sudut kemiringan yang biasanya dibuat sama.

3. Bentuk Atap Kombinasi Pelana dan Perisai
Dari namanya saja, bentuk atap ini adalah kombinasi atau gabungan dari atap pelana dengan atap perisai atau limasan. Kombinasi atap ini juga biasa disebut dengan atap tenda patah atau atap joglo.

4. Bentuk Atap Datar
Bentuk atap ini mempunyai bidang datar yang memanjang secara horizontal dan biasanya penggunaan atap ini untuk atap teras rumah. Bahkan ada juga yang digunakan untuk membuat taman di atas rumah. Atap datar ini merupakan atap yang paling sulit dalam hal perawatannya terutama masalah mendeteksi terjadinya kebocoran. Hal yang perlu diperhatikan dalam merencanakan atap datar ini adalah memperhitungkan ruang sirkulasi udara yang ada di bawahnya agar tidak menimbulkan suhu ruangan yang terlalu panas.

5. Bentuk Atap Sandar
Atap ini juga biasa disebut dengan atap tempel karena bagian tepi atasnya yang menempel atau bersandar pada dinding bangunan rumah. Umumnya atap rumah sandar digunakan untuk atap bangunan tambahan.

Nah, itu tadi ulasan mengenai bentuk atap rumah yang bisa Anda jadikan referensi untuk rumah impian Anda.
Advertisement
Ini Dia Macam-Macam Jenis dan Bentuk Atap Rumah | Doni Rochmat | 5