Konsep Desain Rumah Tropis Minimalis Modern

Advertisement
Konsep Desain Rumah Tropis Minimalis Modern - Penerapan model rumah tropis akan sangat cocok digunakan di wilayah yang memiliki iklim tropis, seperti di Indonesia. Desain rumah tropis memang dirancang untuk dijadikan hunian yang nyaman di tengah cuaca yang kurang begitu bersahabat. Konsep rumah tropis sendiri juga ditujukan agar mampu beradaptasi dengan lingkungan yang beriklim tropis.
Konsep Desain Rumah Tropis Minimalis Modern
Daerah yang memiliki iklim tropis sangat dipengaruhi oleh sinar matahari yang terus menerus berlangsung pada setiap harinya di sepanjang tahun. Negara yang memiliki iklim tropis rata-rata memperoleh penyinaran cahaya matahari selama 12 jam pada setiap harinya. Tapi karena cahaya matahari yang terus menerus berlangsung menyinari tersebut alhasil membuat kelembaban udara menjadi tinggi dan menyengat kulit.

Maka dari itu diperlukan sebuah rumah yang mampu mengatasi cuaca panas tersebut. Untuk sebagian besar konsep desain rumah tropis lebih ditekankan pada pengendalian suhu udara yang ada di dalam area rumah. Beberapa pengendalian suhu udara tersebut bisa dilakukan dengan cara :

1. Memberikan bukaan yang lebar untuk ventilasi sirkulasi udara agar volume angin yang keluar masuk ke dalam ruangan dapat lancar. Sehingga udara di dalam rumah pun tetap segar dan baru.

2. Memperbesar volume ruang atap. Volume ruang atap yang rendah bisa membuat rumah menjadi panas dan pengap. Sehingga bisa memperoleh udara yang sejuk di rumah, maka dari itu volume atap tersebut perlu untuk diperbesar.

3. Memperbanyak tanaman-tanaman di area sekitar rumah. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menambahkan tanaman di sekeliling rumah atau bahkan di dalam rumah. Pemberian pohon rindang di halaman rumah akan membawa angin yang sejuk ketika angin berhembus.

4. Membuat kolam di bagian halaman rumah. Maksud kolam disini bukan harus berupa kolam renang. Anda bisa membuat Kolam ikan sebagai alternatif yang baik.

5. Memperhatikan pengaturan ruangan. Ruangan yang terbuka dan memiliki banyak jendela akan sangat membantu angin bisa masuk dan keluar ke dalam rumah pada saat cuaca sedang panas.

Pada desain rumah tropis juga dapat Anda kombinasikan dengan desain rumah minimalis. Di era modern ini desain rumah minimalis tropis sudah cukup banyak diterapkan terutama di perumahan elit Indonesia. Ketertarikan orang memilih desain rumah minimalis tropis ini karena selain menyejukkan, bentuk rumahnya pun juga sederhana dan elegan. Sebagian besar rumah dengan type ini menerapkan konsep rumah dengan menggunakan tritisan beton yang dekoratif.

Rumah minimalis tropis biasanya lebih didominasi dengan warna-warna yang natural dan cerah. Pemilihan warna cerah ini untuk mempertegas konsep desain rumah tropis itu sendiri. Selain itu, penggunaan warna desain rumah seperti ini akan memperkuat konsep tipe rumah tropis gaya minimalis.

Demikian beberapa contoh gambar rumah tropis minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk hunian Anda.

Advertisement
Konsep Desain Rumah Tropis Minimalis Modern | Doni Rochmat | 5