5 Cara Menghilangkan Jamur pada Lemari Baju

Advertisement
5 Cara Menghilangkan Jamur pada Lemari Baju - Cara untuk menghilangkan jamur pada lemari bisa dikatakan cukup sulit. Mungkin anda sudah membersihkan jamur, namun terkadang jamur lemari tersebut muncul kembali. Udara yang lembab bisa menjadi salah satu faktor penyebab lemari baju atau pakaian anda menjadi berjamur.

Selain faktor udara yang lembab, penyebab timbulnya jamur pada lemari pakaian atau baju juga bisa dikarenakan ruangan yang kurang mendapat sinar cahaya matahari. Saat kita membersihkan jamur pada lemari dengan cara mengelap dengan menggunakan kain, biasanya jamur akan tumbuh kembali. Jadi memerlukan perawatan khusus untuk menghilangkan jamur pada lemari baju.

Berikut adalah cara menghilangkan jamur pada lemari yang bisa dicoba :

Jamur pada Lemari Baju
Jamur pada Lemari

1. Buka jendela atau ruangan

Bukalah jendela kamar atau ruangan yang digunakan untuk menyimpan lemari baju anda.Tujuannya untuk menahan udara lembab yang bersumber dari lantai kamar atau ruangan. Biarkan saja sinar cahaya matahari masuk untuk mencegah timbulnya jamur pada lemari baju anda.

2. Alasi lemari dengan kayu

Cara menghilangkan jamur pada lemari kedua yaitu dengan memberikan alas kayu pada lemari. Penggunaan alas kayu pada lemari ini berguna untuk menahan udara lembab masuk ke dalam lapisan lemari pakaian atau baju anda. Alas kayu juga dapat mencegah jamur tumbuh kembali pada lemari pakaian anda.

3. Mengoleskan Alkohol

Cara menghilangkan jamur pada lemari yang ketiga adalah dengan mengoleskan alkohol. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan jamur yang tumbuh pada lemari. Ada baiknya gunakan alkohol yang mempunyai kadar 70 hingga 80 %.

Gunakanlah kain untuk mengoleskan alkohol pada lemari anda. Sebaiknya saat mengoleskan alkohol di luar ruangan supaya baunya cepat hilang dan alkoholnya cepat kering. Kemudian setelah jamur sudah menghilang, taruhlah beberapa kapur bars pada bagian sudut lemari, terutama bagian dalam lemari baju anda.

4. Menggunakan melamin

Jika dari ketiga cara menghilangkan jamur pada lemari baju di atas tidak juga berhasil. Anda bisa mencoba menggunakan melamin yang bening atau tidak berwarna untuk menutupi atau melapisi tumbuhnya jamur pada lemari anda. Namun, sebaiknya bersihkan dahulu lemari anda sebelum melapisinya dengan melamin atau pernis.

Untuk cara menghilangkan jamur pada lemari menggunakan melanin ini bisa anda lakukan dengan cara mencampurkan atau mengencerkan melamin dengan tiner dan hardener. Kemudian aduk secara rata dan oleskan campuran tadi dengan kuas ke seluruh bagian lemari baju anda, baik bagian luar maupun dalam.

5. Menggunakan Lampu TL

Suasana lembab pada ruangan kamar atau ruangan lainnya bisa terjadi karena kurangnya cahaya. Oleh karena itu, untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan lampu TL karena cahaya lampu TL cukup memberikan manfaat dalam mengusir jamur yang tumbuh pada dinding lemari anda.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan jamur pada lemari baju atau pakaian yang bisa anda lakukan. Semoga cara menghilangkan jamur pada lemari ini bisa membantu mengatasi atau menghilangkan jamur yang menempel pada dinding lemari anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya. Tunggu tips-tips lainnya di Rumah Minimalis Jos.
Advertisement
5 Cara Menghilangkan Jamur pada Lemari Baju | Doni rochmat | 5